Saturday, 2 October 2021

Memahami Penerapan dan Penggunaan Analisis SWOT dalam Bisnis

 

SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Analisis SWOT adalah kerangka kerja untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) untuk bisnis, perusahaan atau organisasi yang disingkat agar lebih mudah. Adapun analisis ini sendiri adalah teknik untuk menilai keempat aspek pada bisnis Anda.

Tujuan utama dari pembuatan analisis SWOT adalah untuk membantu bisnis dan perusahaan dalam meningkatkan kesadaran akan faktor – faktor dalam membuat keputusan bisnis. Anda dapat menggunakan Analisis SWOT untuk memaksimalkan apa yang Anda miliki untuk keuntungan terbaik organisasi Anda, dan Anda dapat mengurangi kemungkinan kegagalan atau resiko bisnis dengan Analisis SWOT yang sama pula.

Analisis SWOT mampu membantu dan menjadi panduan perusahaan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi kelangsungan dari keputusan. Anda dapat mulai menyusun strategi yang membedakan Anda dari pesaing Anda, sehingga Anda dapat bersaing dengan sukses di pasar Anda. Gunakan Analisis SWOT untuk menilai posisi bisnis Anda saat ini sebelum Anda memutuskan strategi baru. Mari pahami analisis bisnis SWOT agar Anda dapat melihat dengan jelas apa saja yang Anda butuhkan dalam mengembangkan bisnis maupun perusahaan Anda.

Memahami Elemen Inti Analisis SWOT

Memahami Penerapan dan Penggunaan Analisis SWOT dalam Bisnis

 

Untuk memahami bagaimana cara penerapan dan penggunaan Analisis SWOT, Anda juga harus memahami elemen – elemen inti atau utama dalam SWOT yang akan Anda gunakan nanti dalam penerapan dan penggunaan Analisis SWOT. Seperti yang sudah dijelaskan tadi SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weaknesses, Opportunities, dan Threats yang berarti Analisis SWOT akan memeriksa empat elemen dasarnya.

Berbagai alat ada untuk memandu Anda sebagai pembuat keputusan melalui proses, sering kali akan menggunakan serangkaian pertanyaan dari masing- masing empat elemen itu. Anda dapat dipandu melalui pertanyaan seperti: Apa yang Anda lakukan lebih baik daripada bisnis lain dan Apa keuntungan yang Anda miliki dibandingkan dengan pesaing Anda?. Mari kita lihat setiap elemen dari empat elemen secara lebih rinci dan pertimbangkan pertanyaan apa yang dapat Anda ajukan sebagai bagian dari analisis SWOT Anda.

  • Strength (Kekuatan)

    Strength (Kekuatan) merupakan atribut internal dan sumber daya yang mendukung hasil yang sukses dan ini adalah hal – hal yang dilakukan bisnis Anda dengan sangat baik yaitu dengan cara yang membedakan Anda dari pesaing Anda. Pada elemen ini pikirkanlah tentang keunggulan yang dimiliki bisnis Anda dibandingkan bisnis lain. Pikirkan juga mengenai keterampilan komunikasi yang baik dalam pekerjaan bisnis Anda sesame staf Anda, ketepatan waktu untuk shift, menangani pelanggan Anda dengan baik, bergaul dengan baik dengan semua departemen, kekuatan fisik dan juga ketersediaan yang baik dalam bisnis Anda. Hal ini mungkin akan memotivasi staf Anda.
    Perlu diingat, kekuatan Anda adalah bagian integral dari bisnis Anda, jadi pikirkan hal apa yang akan membuat bisnis Anda berjalan dengan sukses. Kira- kira apakah hal yang Anda lakukan lebih baik dari orang lain? Nilai apa yang akan mendorong bisnis Anda atau sumber daya unik atau berbiaya rendah apa yang dapat Anda manfaatkan yang tidak dapat di manfaatkan oleh orang lain, serta apa keuntungan yang Anda miliki? Selain itu identifikasi dan analisis Unique Selling Proposition (USP) bisnis Anda dan tambahkan hal ini ke bagian elemen Strength (kekuatan) Analisis SWOT bisnis Anda.
    Kemudian dari sini putar perspektif Anda dan tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang mungkin dilihat pesaing Anda sebagai kekuatan Anda dan Faktor apa yang membuat Anda mendapatkan penjualan lebih baik lagi? Sekali lagi, hal yang perlu diingat, aspek apa pun dari bisnis Anda hanya merupakan kekuatan jika itu memberi Anda keuntungan yang jelas. Misalnya, jika semua pesaing Anda menyediakan produk berkualitas tinggi, maka proses produksi berkualitas tinggi bukanlah kekuatan di pasar Anda.

  • Weaknesses (Kelemahan)

    Anda tidak hanya perlu untuk mempertimbangkan kekuatan pada bisnis Anda, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan suatu kelemahan pada bisnis Anda. Analisis SWOT hanya akan berharga jika Anda mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan. Jadi, bersikaplah realistis karena dalam mempertimbangkan kelemahan pada bisnis Anda, sekarang Anda akan menghadapi kebenaran yang tidak menyenangkan. Weaknesses (Kelemahan) sendiri merupakan atribut internal dan sumber daya yang bertentangan dengan hasil yang sukses.
    Kelemahan adalah sebuah fitur yang pasti melekat pada bisnis Anda, jadi Anda harus fokus pada orang, sumber daya, system, dan prosedur bisnis Anda. Pikirkan tentang apa yang dapat Anda tingkatkan atau hal– hal apa yang harus Anda hindari, dan kira- kira dimana Anda perlu Anda perbaiki? Pertanyaan sederhana tersebut untuk mengidentifikasi sebuah kelemahan pada bisnis Anda. Pada elemen Weaknesses (Kelemahan) ini pikirkan juga mengenai apakah membutuhkan waktu istirahat yang lama atau celah lain yang mungkin luput. Sekali lagi Anda perlu mencari tahu bagaimana orang lain di pasar Anda melihat Anda terutama pada point kelemahan Anda.

1 comment:

ckck

apa itu seo dan jasa backlink Jika Anda masih bertanya apa itu SEO, maka kami akan menjelaskannya kepada anda. SEO berasal dari singkatan S...